Home » Sejarah Singkat

Sejarah Singkat

Sejarah Berdirinya Persatuan Amal Bakti (PAB)

 

Hampir keseluruhan lembaga pendidikan PAB di isi oleh masyarakat pedesaan yang meliputi perkebunan dan perkampungan disekitar kota Medan, Binjai, Stabat dan Perbaungan. Kondisi masyarakat tersebut berkisar antar kelompok etnis Melayu, Jawa dan sedikit suku-suku pendatang yang umumnya bersifat homogin.

Akibat politik kolonial dan cara berfikir model Van der Plas, mentalitas dan animo pendidikannya relatif rendah, dan terlalu mengutamakan pendidikan tradisional agama dengan efek sosial yang tidak berarti bagi persyaratan kepegawaian.

Baru semenjak Persatuan Amal Bakti berdiri untuk pendidikan dasar, lalu mendirikan SMP (yang mungkin pertama di lingkungan PTP Tembakau Deli), disusul pendirian PGA dan sejumlah model Madrasah Diniyah, kegairahan dan kesadaran terhadap pendidikan mulai timbul. Gerakan ini merupakan magnet yang mengimbas tokoh-tokoh masyarakat untuk menyadari kekeliruannya, dan membangun usaha pendidikan guna memperbaiki keadaan masyarakat.

Gerakan pertama itu, tumbuh di perkebunan Klumpang, 22 km dari kota Medan pada tahun 1956 – 1957 yang didirikan oleh tokoh-tokoh masyarakat setempat yaitu : Bapak Alm. H. Mukmin, Alm. Haji M. Yatim, Bapak HM. Dahlan Fauzi, Bapak Saidi, Pak Sidik, dan lain lain.

Perkumpulan PAB itu pertamanya hanyalah persatuan perwiridan biasa, yang kemudian menjadi cikal bakal Organisasi PAB sampai saat ini. Secara berkelanjutan, Perguruan-perguruan PAB berkembang dan mendirikan lembaga baru di daerah lainnya.

Gedung-Lama

Sejarah Berdirinya SMK PAB-1 Helvetia

 

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PAB 1 Helvetia Kabupatend Deli Serdang berdiri pada tahun 1983.Dilingkungan perguruan PAB yang beralamat di Jl.Veteran Psr.IV Helvetia Kecamatan Labuhan Deli ini lebih dahulu telah berdiri beberapa unit sekolah seperti SD , SMP dan SPG yang kemudian berubah menjadi SMK Bisnis Manajemen . Keberadaan SMK PAB 1 Helvetia  tidak terlepas sejarahnya dengan keberadaan PTPN IX yang kemudian menjadi PTPN II  pada saat itu mengingat bahwa seluruh sekolah-sekolah dalam naungan Pimpinan Umum PAB Sumatera Utara adalah didirikan atau dibangun di atas tanah atau lahan PTPN IX dan atas keperdulian  beberapa orang dan para pejabat PTPN IX pada saat itu yang telah merintis berdirinya sekolah-sekolah yang kemudian dibawah wadah atau naungan Persatuan Amal Bakti ( PAB ). Namun sesuai dengan perkembangan zaman sekolah-sekolah PAB khususnya SMK PAB 1 Helvetia saat ini telah dikelola secara otonom sejak awal 1990  dan tidak lagi bergantung pada pihak PTPN IX/PTPN II .

Sejalan dengan hal itu maka SMK PAB 1 Helvetia berpotensi untuk dapat mengembangkan diri sehingga dapat menjadi sekolah yang berkualitas dan dipercaya oleh masyarakat , maju sebagaimana layaknya sekolah-sekolah yang berstandar Nasional ataupun Internasional.

Sejak berdiri sampai sekarang telah beberapa kali pergantian Kepala Sekolah, yaitu :

NO.

NAMA KEPALA SEKOLAH

MASA TUGAS (TAHUN)

1

Indra Kesuma

1983 – 1985

2

Sukidi,BA

1986 – 1989

3

Drs.Ratino Suhadi

1989 – 1992

4

Drs.H.Ramlan

1992 – 2013

5

Drs. Hari Purwoko, M.Pd.

2013 – sekarang


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

August 2019
M T W T F S S
« Aug    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031